Call Proposal Hibah 

Untuk CSO di Jambi, Sumatera Barat dan Bengkulu

Memperkuat Kapasitas Masyarakat Adat dan Komunitas Lokal (IPLC) Pemegang Hak dan/atau Izin Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat di Provinsi Jambi, Sumatera Barat dan Bengkulu Dalam Mengembangkan Model Mata Pencaharian yang Berkelanjutan dan Perlindungan Kawasan

KKI Warsi, melalui Warsi Grant Management, sebagai lembaga perantara pendanaan, membuka peluang bagi mitra di Provinsi Jambi, Sumatera Barat, dan Bengkulu untuk mengirimkan proposal kegiatan. Tujuannya adalah mendukung program strategis CSO dalam pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan di Indonesia. Dukungan ini memungkinkan lembaga mitra langsung mendapatkan pendanaan dan penguatan kapasitas untuk inisiatif mereka.

Kegiatan yang Didukung

Tema hibah untuk periode ini adalah Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PBHM) Paska Izin. Sehingga dalam panggilan penerimaan proposal hibah ini difokuskan pada upaya Memperkuat Kapasitas Masyarakat Adat dan Komunitas Lokal (IPLC) Pemegang Hak dan/atau Izin Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat dalam Mengembangkan Model Mata Pencaharian yang Berkelanjutan dan Perlindungan Kawasan.  Paling tidak, berdasarkan tema diatas secara garis besar dalam undangan terbuka ini lembaga mitra dapat merancang dan mengembangkan program kegiatannya mengacu pada kriteria pendekatan dibawah ini :

  1. Membangun kapasitas ekonomi, perlindungan areal, dan memperkuat penerapan praktik praktik baik azas-azas konservasi masyarakat adat dan masyarakat lokal yang hidup di dalam dan sekitar hutan dalam pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan melalui Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM).
  2. Meningkatkan kerjasama antar pemegang hak dan/atau izin pengelolaan hutan berbasis masyarakat di dalam satu bentang alam (landscape) dalam mengembangkan kapasitas ekonomi, perlindungan kawasan, dan memperkuat penerapan praktik praktik baik azas-azas konservasi masyarakat adat dan masyarakat lokal dalam pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.
  3. Peningkatan akses dan peran keterlibatan kaum perempuan dan pemuda dalam pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan melalui Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PHBM).
  4. Mendorong, mengembangkan, dan menguatkan praktik baik PHBM sebagai instrumen lingkungan hidup dan konservasi sumber daya alam berbasis masyarakat menjadi arus utama dalam kebijakan publik pada berbagai level pemerintahan.
  5. Mendukung implementasi kebijakan publik pada berbagai level pemerintahan dalam mengimplementasikan PHBM sebagai instrumen lingkungan hidup dan konservasi sumber daya alam berbasis masyarakat.
  6. Membangun dan mengembangkan sistem informasi pengelolaan sumberdaya alam berkelanjutan, pengelolaan pengetahuan, penguatan media penyadartahuan, penyebarluasan informasi praktik baik konservasi bersama masyarakat.

Lembaga Mitra Pengusul

Dalam panggilan hibah kali ini kriteria lembaga mitra yang dapat mengajukan pendanaan hanya ditujukan kepada Organisasi Masyarakat Sipil – Civil Society Organizations (CSO) lokal berbadan hukum berbentuk Yayasan maupun Perkumpulan yang berdomisili di Provinsi Jambi, Sumatera Barat dan Bengkulu, yang bergerak dalam isu pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan, pemberdayaan measyarakat di dalam dan sekitar hutan, pengelolaan hutan berbasis masyarakat (PHBM), dan/atau CSO yang bergerak pada upaya dan inisiatif untuk melibatkan peran dan partisipasi aktif masyarakat adat dan komunitas lokal (IPLC) dalam menghadapi perubahan iklim, yang visi – misi serta tujuan organisasinya sejalan dengan tujuan kebijakan penyaluran dana hibah yang akan disalurkan. Lembaga mitra hanya dapat mengajukan satu proposal pendanaan.

    Batas Waktu Pengiriman Proposal  

    Penerimaan proposal dibuka dari tanggal 11 Januari s.d 4 Februari 2024. KKI Warsi tidak akan memproses pengajuan proposal lembaga mitra yang mengirimkan lebih dari satu proposal pendanaan, proposal yang tidak sesuai dengan format dan panduan serta proposal yang dikirim melewati tenggat waktu yang ditetapkan.

    Tata Waktu

    Durasi proyek yang diusulkan adalah 7 (tujuh) bulan terhitung dari bulan 26 Februari 2023 s.d 26 September 2023.

    Anggaran

    Total pendanaan yang akan disalurkan pada panggilan hibah ini sebesar Rp. 500.000.000. Setiap lembaga mitra pengaju hanya dapat mengajukan pendanaan sebesar Rp.100.000.000 s.d Rp. 150.000.000.

    Timeline Penting

    Call Proposal : 11 Januari – 04 Februari 2024
    Seleksi Proposal :  5 – 19 Februari 2024
    Pengumuman Hasil : 20 Februari 2024

    Cara Mengajukan Proposal Hibah

    Setiap skema atau jenis hibah yang disalurkan KKI Warsi kepada lembaga mitra sepenuhnya dilakukan melalui dashboard pengelolaan dan penyaluran dana hibah KKI Warsi yang dikelola oleh unit pengelola dana hibah KKI Warsi (Warsi Grant Management Unit – WGMU).

    Petunjuk Teknis dan Formulir

    Lembaga mitra dapat terlebih dahulu merancang dan menuliskan proposal yang ingin diajukan beserta anggarannya sesuai template yang tersedia dalam lampiran panduan ini lalu memasukannya ke dalam dasbhboard. Dokumen proposal lengkap juga harus dikirimkan sebagai lampiran melalui dashboard.

    Pendaftaran dan Upload Proposal

    Untuk dapat mengajukan pendanaan lembaga mitra terlebih dahulu  melakukan pendaftaran. lembaga mitra akan diberikan akses ke dashboard untuk mengajukan proposal.

    Pengumuman Hasil

    Proposal yang diajukan akan diseleksi oleh manajemen hibah KKI Warsi melibatkan eksternal reviewer. Adapun pengumuman proposal lembaga mitra terpilih akan diumumkan melalui situs ww.grantmanagement.warsi.or.id dan https://warsi.or.id/ serta plaform media sosial KKI Warsi. Lembaga mitra terpilih juga akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan melalui dashboard dan email. Lembaga mitra terpilih kemudian akan dihubungi dan diverifikasi  secara langsung untuk proses penandatanganan kerjasama.

    Kontak Informasi

    Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi situs :

    www.grantmanagement.warsi.or.id. atau hubungi kami di email : grantmanagement@warsi.or.id. WGM mempersilakan lembaga mitra untuk melakukan tanya jawab khusus seputar Tata Cara Penggunaan Dashboard untuk memudahkan lembaga mitra dalam proses pengajuan proposal melalui dashboard dengan menghubungi admin kami di nomor telepon : 0822 9440 1099